Mengenal Indonesia Lewat Jejak Firsta

3:08 PM

Apa yang anda pikirkan ketika datang ke sebuah kota yang pertama kali anda datangi? Menunggu kejutan dengan apa yang anda lihat di sana atau segera mencari nama kota tersebut di mesin Google. Pilihan ada di tangan anda, tapi saya menyarankan untuk mencari hal-hal menarik di kota tersebut sebelum anda singgahi. Informasi penting banyak bertebaran di travel blog, berisi petuah-petuah yang menarik. 

Nah salah satunya adalah blog milik Firsta Yunida dengan title Discover Your Indonesia atau biasa disingkat DYI. Ia orang Yogyakarta, mungkin karena orang Yogya makanya nama blognya DYI. Hehee. Agak mirip-mirip dengan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). :D Tapi sebenarnya nama blog ini karena ia ingin menunjukkan bahwa blog ini bukan hanya miliknya. Karena itu ia menggunakan kata “Your”, bukan “My”. Jadi kalau diartikan dalam bahasa Indonesia berarti “kamu” juga, iya kamuuuuu. (tiba-tiba alay). Kalau mau tau lebih lengkapnya bisa baca di sini. 

Eh, balik ke topik utama. Firsta ini memilih untuk menggunakan bahasa inggris di dalam blognya. Katanya informasi wisata tentang Indonesia masih sangat kurang, kecuali untuk tujuan yang populer. Ia menunjukkan kecintaannya kepada Indonesia lewat tulisannya. Agar orang-orang luar negeri pun bisa mengakses hal-hal remeh temeh mengenai Indonesia. Saya paling suka tulisannya tentang “15 things to do at Jakarta”. Ada beberapa hal yang tidak pernah saya pikirkan selama tinggal di Jakarta. Haha. Rencananya kalau saya pulang, saya akan mencobanya. Hehe. Seperti mengunjungi museum layang-layang dan kota tua Jakarta. 
ini kak Firsta bukan ya?? heheh. 
Ketika anda mengunjungi blognya, tampilan sederhana namun sangat enak dipandang. Untuk versi mobile phonenya juga tidak berbeda dengan tampilan di layar PC. Saya jamin bisa betah berlama-lama menelusuri keindahan Indonesia melalui tulisan Firsta. Ia banyak memberikan informasi penting untuk mencapai beberapa daerah di Indonesia. Informasi detail dengan rekomendasi tempat menginap bahkan tempat makan. Firsta membuat perjalanan terasa lebih mudah. Selain itu ia juga berbaik hati untuk membuatkan iterinary perjalanan secara eksklusif jika anda membutuhkannya. :D

Blog Firsta mempunyai kategori yang terbagi-bagi berdasarkan lokasinya. Ia memiliki tulisan mengenai Indonesia dan mengkategorikannya di dalam panel “Big Five”, yang terdiri dari Jawa, Kalimantan, Papua, Sulawesi, dan Sumatera agar memudahkan pencarian. Untuk pulau-pulau kecil, Firsta memasukkan dalam kategori “The Other 17.000-ish”. Selain itu perjalanan Firsta yang lainnya dirangkum dalam panel “Around the Globe”.  Tapi ada panel yang captivating my eyes, yaitu pelajaran Bahasa Indonesia dasar yang ia tujukan untuk para pelancong mancanegara. Saya setuju dengan kak Firsta soal ini, karena saya selalu berpikir “Kenapa kita yang harus belajar bahasa mereka? Kenapa bukan mereka yang belajar bahasa kita?” Dan Kak Firsta menjawabnya dengan memberikan pengetahuan dasar bagi turis asing yang mau belajar. :D

Awalnya ia melakukan perjalanan dari rumah di Jakarta menuju rumah neneknya di Boyolali. Namun sejak tahun 2006 ia bertransformasi untuk melakukan perjalanan-perjalanan lainnya yang kemudian ia masukkan dalam blognya. Apa yang terjadi di tahun 2006? Firsta bercerita mengenai perjalananya ke Rinjani, menurutnya perjalanan inilah yang membuat ia adiksi dengan kegiatan travelling. “I learn to push myself beyond my comfort zone and experienced doing amazing things with other people, which was totally exciting. I found out that really enjoy exploring, discovering new places, meeting new people and learning about other culture,” tulisnya. Saya sependapat dengan kak Firsta soal hal ini. Perjalanan bukan selalu berbicara mengenai tujuannya.#cheers kak :D

Tak hanya itu pula ia juga memiliki panel mengenai interview orang-orang yang bersinggungan dengan kegiatan “Travel”. Ia pernah mewawancarai kak Olive Bendon, salah seorang travel blogger yang menurut saya agak nyentrik. Kenapa? Karena ia bisa merasa betah di kuburan. Actually, ia memiliki passionate untuk mengunjungi kuburan-kuburan tua. Gimana gak nyentrik coba? Dari hasil wawancara itu, aku baru tau kalau Kak Olive bahkan pernah tidur di kuburan tua. Hiiiiiii. (bergidik ngeri)

Oke, kembali bercerita tentang Firsta. Ia adalah tipikal orang yang mencintai ketenangan yang diciptakan alam. Diam dan duduk sendiri sambil menyesap teh hangat atau es kelapa muda, sembari memandangi gambaran keindahan. Saya terkadang juga suka hal itu kak. Apalagi duduk di pinggir pantai sambil ngeliatin hamparan pasir putih dan laut berwarna biru muda. #eh curhat colongan :D

Actually, blog Firsta adalah salah satu travel blog kesukaan saya. Karena grammar saya yang hancur kacau balau kayak kapal pecah, jadi bisa belajar sedikit-sedikit bahasa inggris. Hehe. Keep on writing kak Firsta. 

Ditulis di kamar kayak kapal pecah habis baca buku Gelombang milik Dee
1 November 2014 4:56 PM

Tulisan ini adalah salah satu tulisan hasil arisan review travel blog yang tergabung dalam Travel Blogger Indonesia (TBI) untuk memperingati Hari Blogger Nasional yang jatuh pada tanggal 27 Oktober 2014. :D

Berikut adalah hasil review temen-temen TBI yang lainnya :D

You Might Also Like

3 Komentar Kamu?

  1. wah, keren banget nih.. mengenal indonesianya..jdi pngn banget keliling indonesia.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aaaminn semoga bisa mewujudkannya.. aaminn ya rabbal alamin..

      Delete
  2. Hue, Da Nang, Hoian are attractions those located in the centre of Vietnam. Danang is the third largest city in Vietnam, which is in close proximity to Hue- 3 hours north and Hoi An- 30 minutes south which makes it a great stop point for those who need a break from touristy areas. To have a forgettable trip smoothly, when you choose a Hue - Danang – Hoian tour, you definitely need a Vietnam Tour Guide in these areas. We strongly would like to introduce you a tour guide who named Ms. Thu Bui. She is the person who has much experience and knowledge in tourism field.
    Her full name is Bui Thi My Ha. Now she is 32 years old and lives in Hoian ancient town. She graduated from Foreign Language University in 2007 and got certificate in service marketing course of PUM. She worked as a housekeeper shift leader in Hoian Hotel from 2007 to 2010. She has worked as a freelance tour guide in the centre of Vietnam since 2010. She has worked for Buffalo tours, Asia travel, Rose travel agency and other tours as Mable Mountain tour, Myson Holy land tour, Danang – Hoian – Hue city tour.
    She is so friendly, enthusiastic, informative and patient. She would like to bring all happiness and pleasure to customers as much as possible. She is very fluent in English. She can bring you to the right places and do the right things and beside you when you have problems those arise. Thus, you can rely on her.
    We hope that the above information will be useful for you to have an unforgettable trip in Hue - Danang -Hoian. Let come to these areas with a reliable Vietnam Tour Guide in Hue – Danang – Hoian who named Ms. Thu Bui to explore the beauty of the attractions in these area.

    ReplyDelete